Header Ads

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI








MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI

MANUSIA SEBAGAI HOMO SOCIALIS
Seringkali kita mendengar, “AKU TIDAK MEMBUTUHKAN ORANG LAIN!” Ungkapan ini sebenarnya keliru. Manusia tidak bisa tidak membutuhkan orang lain. Sepanjang hidupnya, manusia akan selalu membutuhkan orang lain karena pada dasarnya, manusia adalah homo socialis atau makhluk sosial. Mungkin ada manusia yang bisa mencari makan sendiri, membuat pakaian sendiri, bahkan membuat rumahnya sendiri. Tapi bukan berarti ia bisa hidup tanpa orang lain. Manusia yang normal tetap membutuhkan orang lain untuk berkomunikasi. Ia juga membutuhkan orang lain untuk meneruskan garis keturunannya. Bahkan ketika meninggal, ia membutuhkan orang untuk mengurus jenazahnya dengan baik.


Manusia Tergantung Pada Manusia Lain
Tentu saja tidak banyak manusia yang benar-benar mau hidup sendiri tanpa mau berhubungan dengan orang lain. Sebagian besar dari kita membutuhkan manusia lain dalam banyak hal. Ketika kecil, kita sangat tergantung pada manusia lain, ayah dan ibu. Dari orang tua, kita mempelajari bahasa, pengetahuan dan cara bertingkah-laku.

Semakin dewasa, ketergantungan kita pada manusia lain semakin bertambah. Kita pergi ke sekolah untuk mempelajari ilmu dari guru. Kita membutuhkan orang lain sebagai teman. Kita juga membutuhkan barang dan jasa yang diproduksi orang lain. Bahkan setelah dewasa, ketergantungan ini tidak berubah. Kita memang dituntut untuk mandiri, tetapi tidak berarti kita tidak membutuhkan orang lain. Kita tetap membutuhkan orang lain baik sebagai keluarga, teman kerja, pesaing dan lain-lain.


MANUSIA SEBAGAI HOMO ECONOMICUS
Semua manusia tentunya memiliki KEINGINAN. Kalian semua pasti juga memiliki keinginan yang belum terpenuhi. Apakah kalian menginginkan gadget baru? Ingin berlibur ataukah motor baru? Sayangnya keinginan kalian itu tentu tidak semua bisa dipenuhi. Mengapa?

Keinginan manusia bermacam-macam jenisnya dan jumlahnya tidak terbatas. Begitu kalian selesai memenuhi satu keinginan, akan datang keinginan lainnya. Begitu seterusnya. Oleh karena itu, tidak semua keinginan kita dapat dipenuhi. Namun, keinginan manusia tersebut ada yang harus dipenuhi agar seseorang layak hidupnya. Keinginan manusia yang harus dipenuhi, dalam ilmu ekonomi disebut KEBUTUHAN. Contoh kebutuhan manusia antara lain kebutuhan akan makanan, minuman, pakaian, perumahan, pendidikan, kesehatan, hiburan, dan rekreasi. Dalam ilmu ekonomi kebutuhan manusia bermacam-macam, dan jumlahnya tidak terbatas. Artinya, jika suatu jenis kebutuhan dapat dipenuhi, maka akan timbul kebutuhan lain yang lebih tinggi tingkatannya.



MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI Reviewed by viewpratama on 05.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.